Friday 26 July 2013

problem jerawat yang membutuhkan kasabaran dan pengorbanan





Jerawat adalah salah satu masalah yang banyak ditemui oleh wanita, walaupun sebenarnya tidak sedikit pria yang mengalami problem jerawat, namun biasanya wanita lah yang sangat mempermasalahkan penampilan khususnya kulit wajah. Saya sebagai salah satu wanita yang dilanda masalah jerawat karena itu saya akan berbagi pengalaman tentang usaha-usaha yang telah dilakukan untuk mengurangi/menghilangkan jerawat.
Problem jerawat biasanya diderita orang yang berjenis kulit berminyak atau kombinasi, kombinasi disini misalnya daerah T (dahi hidung) berminyak sedangkan pipi cenderung normal-kering. dan jerawat akan semakin "menggila" jika kita berjenis kulit berminyak dan jarang cuci muka !! waduh itu kombinasi yang pas untuk sarang jerawat :( , jenis kulit saya kombiinasi, berminyak dan kering didaerah pipi, maka kebanyakan jerawat timbul di dahi dan daerah V (dagu menuju pipi) sedangkan jarang tumbuh di pipi. Jerawat biasa nya timbul karena faktor-faktor tertentu, misalnya hormon, stress, pola tidur,makanan (beberapa ahli mengatakan makanan tidak berpengaruh terhadap timbulnya jerawat tetapi mencegah lebih baik daripada mengobati kan),udara yang kotor,debu dan hal-hal yang berhubungan dengan kebersihan kulit, atau karena ketidakcocokan pemakaian kosmetik. Saya sangat rajin mencuci muka karena itu jerawat biasanya datang pada saat menstruasi saja atau setelah bepergian yang mengharuskan saya menghadapi debu, itupun hanya satu atau dua dan akan sembuh dalam beberapa hari. untuk perawatan seperti facial saya cenderung tidak terlalu rajin ya klo sempat saja minimal 2 bulan sekali tergantung keadaan dompet dan muka :)

Problem jerawat yang paling fantastis yang pernah saya alami adalah saat saya mengerjakan skripsi, entah disebabkan karena stres atau pola tidur yang kurang baik yang jelas di dahi daya muncul jerawat kecil-kecil (bruntusan) banyak sekali hingga setiap ngaca saya malah semakin stres dan jika diamati maka jewarat seperti makin menjadi banyaknya. Hal pertama yang saya lakukan adalah facial dan memakai obat dari dokter saat itu saya perawatan di salah satu klinik kecantikan di Yogyakarta tepatnya daerah Timoho, setelah facial jerawat masih saja terlihat, bulan berikutnya saya mencoba chemical peeling, rasanya perih-perih sakit seperti digigit semut, itu pun tak mempengaruhi si jerawat bandel untuk pergi dari muka saya, hingga saya beralih mencoba ke obat tradisional yaitu Minyak Bulus, yang bau nya dahsyat minta ampun, setiap mau tidur hingga teman kosan saya ngga tahan tidur sebelah saya hahaha. ternyata minyak bulus pun tidak berhasil menghilangkan jerawat kecil-kecil itu. Skripsi selesai, saya wisuda, tau sendiri kan saat wisuda pasti di make-up sedemikian rupa agar terlihat cantik difoto dan make-up yang tahan dari pagi sampai siang, saya sudah khawatir make-up tidak akan menutupi jerawat yang bertebaran di dahi saya ternyata karena make-up nya sangat dahsyat maka tertutuplah jerawat bandel tersebut kulit rata tanpa cacat. Setelah rangkaian acara wisuda selesai, saya membersihkan make-up dan melihat bahwa kenyataan memang kejam, dahi yang tadinya rata dan halus karena topeng langsung kelihatan aslinya dan jika diperhatikan beberapa hari setelahnya jerawat saya makin banyak.

Setelah wisuda, pulang ke Jakarta, Ibukota semrawut penuh debu alhasil membuat makin meradang si jerawat, tidak hanya di dahi kini dia muncul disepanjang dagu dan pipi bagian bawah menuju leher, duh sayangnya saya ngga foto karena sangat malu, pacar saya sampai bilang "kok kamu jadi jerawatan parah gitu sih" dengan muka geli mentang-mentang kulitnya mulus, nah itu yang bikin saya makin down, masa kulit cowo lebih mulus dari kulit saya !! akhirnya saya mogok ngga mau ketemu dia dan langsung ke dokter kulit, saya memilih ke dokter kulit dan kecantikan di Rumah Sakit daripada ke klinik estetika karena biasanya obatnya membuat ketergantungan. Sang dokter bilang "ini jerawat stres kamu jangan tres makanya masa baru lulus stres gimana nanti kerja" , muka saya ngga di facial katanya jangan dulu lebih baik diobatin aja, dikasihlah saya rangkaian obat, sabun untuk dipake pagi dan malam,salep jerawat yg dipke pagi setelah cuci muka, krim malam sebelum tidur, dan obat yang diminum satu macam. Hasilnya ? jerawat masih ada !

Oke akhirnya mulai searching di internet dan jadi silent reader di female daily, ah forum ini membantu bgt loh untuk sedikit menyembuhkan kegalauan akan jerawat, cuma ya bahaya nya itu jadi beli macem-macem padahal kulit dan skin care itu cocok2an jadi blm tentu si A pake produk X cocok dan si B juga cocok malah mungkin si B ngga cocok dan memperparah keadaan, jadi nyari obat jerawat kya nyari jodoh, cocok-cocokan. dan yang paling penting jangan ketipu sama harga, karena menurut saya ngga semua yang mahal itu cocok dikulit kamu dan ngga semua yang murah itu ngga ampuh, so be smart and be patience aja.

oke mulai review apa aja yang saya coba dalam rangka memerangi jerawat :

Masker jerawat Sariayu

- Masker jerawat sariayu ini ya lumayan lah enak dipake dan membantu sedikit-demi sedikit untuk mengatasi jerawat tapi karena masker ya harus telaten makenya kadang 2hari-3 hari sekali (seminggu 2x deh)


Etude ac clinic intense pink powder
-Etude AC Clinic Intense Pink Powder, waktu itu saya lagi ke singapore,ada toko etude dan tergoda beli, diaplikasikan ke jerawat yang lagi merah dengan cotton bud dan jangan dikocok karena yang akan dipakai tuh ampasnya bukan air yang menggenang disekitarnya. lumayan untuk ngempesin jerawat tapi ngga berlaku buat jerawat pada kasus saya yg kecil bruntusan gitu, atau mungkin emang ngga cocok dimuka saya.

-Benzolac 2.5% ini dosis terendah dari benzoyl peroksida karena saya mau coba yang terendah dulu baru klo emang kurang ampuh dinaikin dosisnya, diaplikasikan ke spot jerawat dan sekitarnya tipis-tipis aja jangan ketebelan atau terlampau gemes supaya cepet sembuh hahhaa. menurut saya benzolac cukup ampuh asal telaten, jerawat jadi matang dan perlahan kempes lalu tinggal bekasnya aja, dipakai setelah cuci muka pagi dan malam sebelum moisturaizer atau krim malam, tunggu kering dan nempel baru dilayer sama krim.

- Vitacid 0.025, karena melihat banyak yang rekomen vitacid di forum female daily jadilah saya mencobanya, dan berhubung benzolac yang kecil bgt itu sudah abis jadi saya beralih ke vitacid, dipakai hanya pada malam hari sebelum tidur saat udah cuci muka dan memastikan tidak keluar-keluar lagi. vitacid jangan pernah dipakai siang terik nanti kulit gosong, jadi ya paling aman malam sebelum tidur, jangan dilayer dengan krim apapun,alcoho,apalagi dengan benzolac atau salep yang mengandung salycilic acid. untuk pemakaian pertama pake dosis yang kecil klo cocok bisa dinaikin dosisnya. ini bakal mematangkan jerawat jadi jangan panik.
-Sebamed Pimple Gel, nah kesalahan saya adalah ketidaksabaran dalam menghadapi jerawat, dan alhasil makin lama penyembuhan karena tergoda dengan kata-kata ampuh langsung saya beli. berhubung saya ke century dan direkomendasikan sebamed jadi saya membeli acne cleanser dan acne pimple gel nya, karena pada dasarnya pengobatan jerawat itu mengeringkan jerawat dan merawatnya hingga hilang, saat memakai cleansernya saya merasa kulit kering dan mulai mengelupas, jerawat pun mulai mengering tapi kulit sekitar jerawat juga kering :(. enaknya pakai cleasernya bentuknya foam jadi mudah pengaplikasiannya sedangkan untuk pimple gel nya bentuknya tube mudah dibawa dan diaplikasikan ke jerawat jadi ngga perlu pke tangan yang blm tentu bersih.
-Papaya soap, saya dapat saran dari temen saya untuk pakai papaya soap, karena merasa mungkin yang alami bakal berpengaruh akhirnya saya beli, hasilnya ? kulit jadi kencang dan jerawat perlahan kering, bekas pun memudar, ya asal sabar juga diperlukan.

-Gizi supercream, jangan salah ya walaupun ini produk indonesia dengan harga murah tapi banyak orang cocok dan cukup ampuh untuk ngilangin jerawat dan flek hitam, dibuat dari bahan alami yang aman buat kulit, dulu daya pernah pake ini untuk ngilangin bekas knalpot di betis dan voila ! bekasnya ga hitam dan malah jadi putih perlahan sama seperti sedia kala, trust me it works ! yang penting telaten !, but untuk dimuka saya agak kurang cocok karena jadi lebih berminyak, so klo mau coba ini recommended loh, diliat kecocokan juga ya klo buat muka.

-Kiehls Blue Herbal Moisturaizer, karena rekomendasi teman saya yang memakai rangkaian produk ini, katanya ini herbal dan ampuh untuk perawatan muka berjerawat, akhirnya saya beli dan mencobanya, alhasil enak dimuka ngga bikin berminyak, tapi apa daya saya tidak meneruskan nya karena harganya yang mahal, sekitar Rp.290rb dan berhubung saya beli hanya moist nya aja ngga serangkaian, klo serangkaian ada facial wash cleanser,moist,pimple gel dan toner klo ngga salah. klo ada uang sih pgnnya beli serangkaian soalnya reviewnya bagus tapi apa daya dompet menipis terus.

-Alcohol 70%, nah ini salah satu perawatan tambahan, saya memakai alcohol 70% buat bersihin si jerawat, diaplikasiin dengan kapas terus diusap ke jerawat, tapi bagi yang kulitnya sensitif jangan terlalu sering ya ini untuk sesekali pemakaian aja buat bersihin kuman dan mengeringkan jerawat.


so kira-kira itu yang pernah saya coba dan untuk sampai saat ini alhamdulillah jerawat berkurang sisa nya ya bekas jerawatnya aja, untuk sabun cuci muka saya rutin pakai papaya soap kadang ganti dengan sebamed tergantung kondisi kulit klo udah kering bgt ya saya pke papaya saja, lalu pakai benzolac, baru moisturaizer atau krim malam. disamping hal-hal yang dibeli saya juga terkadang membuat masker untuk muka yang akan saya bahas di blog berikutnya :)

so guys, bagi kalian yang punya problem jerawat saran saya senasib sepenanggungan antara lain:
- jaga kebersihan muka dengan rajin membersihkan sisa make up dan setelah melakukan aktifitas terutama sebelum tidur, jangan tidur dengan riasan menempel di muka kamu.
- jaga kebersihan bantal,sprei,guling dan rambut kamu sebelum tidur, klo bisa sebelum tidur keramas deh biar kotoran yang nempel di rambut ngga nempel dimuka.
-makan buah dan sayuran, cukup tidur dan minimal lakukan lah olahraga ringan biar tubuh sehat, jangan lupa minum air putih dan teh hijau.
- pakailah produk yang cocok di muka dan sesuai jenis kulit, ngga masalah mahal atau murah yang penting cocok
-jangan pegang jerawat apalagi mencetin karena tangan kamu kotor dan akan menimbulkan peradangan yang memperparah jerawat.
-jangan keseringan ngaca klo ngga perlu karena akan membuat kamu makin stres liat jerawat dan dapat memicu jerawat makin parah.
-hindari produk-produk memutihkan kulit klo kalian lagi berjerawat karena salah-salah bisa memperparah jerawat kalian.
-sebisa mungkin kurangi pemakaian make up terutama foundation dan bedak padat karena akan merusak pori-pori.

semoga tulisan seadanya ini membantu atau sedikit memberi pencerahan bagi kamu yang sedang mengalami problem jerawat, see you !

9 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. mau tanya mbak, mbak memakai foam sebamed untuk pencuci mukany? sedang krim malam ny vitacid? itu kombinasi yang pas bkn? untuk sunblocknya sendri mbak pakai apa? reply ya plis,, trims

    ReplyDelete
  3. Pakai Nayaskin aja sist, ada perawatan complete untuk mengatasi kulit berjerawatmu. . dan kebanyakan customer kami puas :)

    Nayaskin® memiliki manfaat, seperti :
    1. Menghilangkan jerawat
    2. Meratakan lubang bekas jerawat
    3. Menyamarkan dan menghilangkan flek hitam di wajah dan pigmentasi atau warna kulit tidak rata
    4. Mencerahkan warna kulit menjadi cerah alami
    5. Menghilangkan noda bekas jerawat
    6. Kulit kusam
    7. Mengecilkan pori-pori
    8. Mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah
    9. Membuat kulit tampak bercahaya
    10.Meremajakan kulit tampak lebih muda

    Nayaskin® adalah perawatan wajah yang mengandung 10x lebih banyak kandungan Glutation, Collagen, Vitamin E, Vitamin C, Serbuk Mutiara, Kojic, Arbutin dan bahan aktif seperti Mome Plus.

    Proses Pemboosteran efek whiteningnya tidak menyebabkan wajah banyak terkelupas,dan memerah.

    Admin kantor : 0822 4358 7503 | BB : 27751C68

    ReplyDelete
  4. Sangat setuju dengan artikel ini. Saya lengkapi artikel di atas dengan.

    http://www.jerawatan.id/2016/05/23-cara-menghilangkan-jerawat-kecil-kecil-secara-alami-dengan-cepat.html?m=1

    ReplyDelete
  5. Terima kasih, Artikel yang sangat bermanfaat bagi pembaca. Untuk melengkapi artikel diatas silahkan anda membaca tentang cara menghilangkan jerawat batu yang mungkin bisa menambah pengetahuan dan saling berbagi informasi seputar jerawat.

    ReplyDelete
  6. Papaya soap brp harganya mba? Dionline byk bgt,bingung yg original yg mana

    ReplyDelete
  7. yang aku setuju adalah jangan sering2 liat kaca karna bikin stress, duhh klo ada jrwat emg bwaannya stress..haha

    ReplyDelete
  8. https://pauio.com/theking/ - 더킹카지노 /
    https://pauio.com/first/ - 퍼스트카지노 /
    https://pauio.com/yesci/ - 예스카지노 /
    https://pauio.com/yeska/ - YES카지노 /
    https://pauio.com/obamas/ - 오바마카지노 /

    ReplyDelete
  9. How to Play Baccarat in Casino? - Worrione
    The game involves a single hand of playing, in which each player attempts to make a single hand 제왕카지노 of two. The worrione game will then be dealt 메리트 카지노 주소 out in a single

    ReplyDelete